News

Perbedaan Haji dan Umrah: Pengertian dan Cara Pelaksanaannya
Perbedaan Haji dan Umrah: Pengertian dan Cara Pelaksanaannya

Jakarta - Haji dan umrah adalah kegiatan ibadah yang dilakukan umat Islam dengan mengunjungi tanah suci Makkah. Meskipun terlihat sama, keduanya memiliki pengertian yang berbeda terkait waktu dan tata cara pelaksanaannya.

Lalu, apa perbedaan haji dan umrah? Bagaimana sistem pelaksanaan haji dan umrah di Makkah? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Haji dan Umrah

Perbedaan haji dan umrah yang pertama terletak pada pengertiannya. Berikut pengertian haji dan umrah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

  • Haji: rukun Islam kelima (kewajiban ibadah) yang harus dilakukan oleh orang Islam yang mampu dengan berziarah ke Ka'bah pada bulan Haji (Zulhijah) dan mengerjakan amalan haji, seperti ihram, tawaf, sai, dan wukuf di Padang Arafah.
  • Umrah: kunjungan (ziarah) ke tempat suci (sebagai bagian dari upacara naik haji, dilakukan setiba di Makkah) dengan cara berihram, tawaf, sai, dan bercukur, tanpa wukuf di padang Arafah, yang pelaksanaannya dapat bersamaan dengan waktu haji atau di luar waktu haji; haji kecil.